Agriculture atau pertanian adalah kegiatan Sumber daya Alam untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, dan sumber energi. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati khususnya dalam bidang pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme untuk mendukung peningkatan produksi tanaman. Dalam rangka meningkatkan peran sektor pertanian Indonesia, PT. Smartz Safety berkomitmen untuk bergerak membantu masyarakat petani Indonesia agar dapat memahami hingga mampu menerapkan budidaya tanaman berwawasan lingkungan demi mewujudkan pertanian berkelanjutan /Sustainable Agriculture. Kami berkomitmen tinggi untuk mendukung penerapan pola budidaya pertanian organik sehingga produk-produk pertanian Indonesia dapat bersaing di pasar global dunia.

Pelatihan Perbanyakan Cendawan Patogen Serangga

Pelatihan Formulasi Sederhana Pestisida Nabati

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Pelatihan Pertanian Organik

Menyediakan Minyak Atsiri Asli Indonesia

Pelatihan Perbanyakan Cendawan Patogen Serangga

Cendawan patogen adalah sejeis jamur yang aktif dan mampu menginfeksi serangga hama sehingga mengakibatkan kematian hama tanaman. Pemanfaatan jamur patogen serangga memberikan prospek baik karena jamur patogen dapat bertahan hidup di alam dan menginfeksi serangga yang ada didekatnya. Instruktur kami merupakan tenaga ahli yang sangat berpengalaman di bidang perbanyakan jamur patogen serangga sehingga sharing teknologi perbanyakan serangga ini akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan sistem budidaya pertanian organik di Indonesia.

Materi yang akan diberikan dalam kegiatan pelatihan meliputi:

  1. Pemilihan bahan biakan cendawan,
  2. Penyiapan media biakan,
  3. Sterilisasi,
  4. Inokulasi,
  5. Inkubasi dan,
  6. Packaging sederhana

Pelatihan Formulasi Pestisida Nabati

Bahan aktif pestisida nabati yang diaplikasikan ke pertanaman beberapa waktu kemudian akan terurai terutama setelah terkena cahaya/sinar matahari dan selanjutnya akan berfungsi sebagai pupuk organik sehingga secara langsung mampu memperbaiki pertumbuhan tanaman padi. Hasil penelitian membuktikan bahwa aplikasi pestisida nabati mampu meningkatkan produksi tanaman 10 hingga 15%. Pestisida nabati umumnya memiliki daya racun rendah sehingga pemakaiannya aman bagi manusia dan hewan ternak. Aplikasi pestisida nabati dapat menjaga kelestarian serangga berguna seperti serangga penyerbuk dan musuh alami.

Materi yang akan diberikan dalam kegiatan pelatihan meliputi:

  1. Pengertian dan manfaat tanaman bagi kehidupan
  2. Mode of action senyawa sekunder tanaman
  3. Pemilihan bahan baku pestisida
  4. Penyiapan bahan baku sebagai bahan aktif pestisida nabati
  5. Formulasi pestisida nabati

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pembiakan MOL

Pupuk organik dan Mikro Organisme Lokal (MOL) adalah salah satu bagian vital yang sebaiknya diterapkan dalam sistem budidaya pertanian organik. Pupuk organik ini sangat essensial karena menggantikan peranan pupuk sintetis yang sama sekali tidak diperkenankan dipergunakan dalam sistem budidaya pertanian organik. Pembuatan pupuk organik berdasarkan kesediaan bahan bahan baku di sekitar kita sehingga memudahkan petani untuk mengaplikasikannya.

Perbanyakan MOL mampu memperkaya keseimbangan mikroba di dalam pertanaman sehingga menekan pertumbuhan mikroba tidak berguna dan sekaligus membantu pertumbuhan tanaman yang akan dibudidayakan.

Materi yang akan diberikan pada pelatihan pembuatan pupuk organik dan MOL adalah sbb:

  1. Pengertian dan manfaat pupuk organik
  2. Pengertian dan manfaat MOL
  3. Pemilihan bahan untuk pembuatan Pupuk organik dan MOL
  4. Pelatihan pembuatan Pupuk Organik dan MOL

Pelatihan Pertanian Organik

Pertanian organik adalah sistem budidaya tertutup dimana semua input yang digunakan di dalam budidaya tersebut berasal dari lingkungan sekitar. Semua limbah pertanian diolah menjadi bahan baku pupuk yang akan diaplikasikan ke pertanaman yang dibudidayakan. Penggunaan pestisida dan pupuk sintetis sama sekali tidak diperkenankan sehingga dibutuhkan bahan-bahan pengganti yang bersifat natural. Penggunan bahan-bahan alam menjadi salah satu kunci keberhasilan sistem pertanian organik termasuk dengan pemanfaatan pupuk kandang dari kotoran ternak.

Adapun materi pelatihan meliputi:

  1. Prinsip-prinsip pertanian organik
  2. Pemilihan lahan untuk budidaya organik
  3. Pengolahan tanah, pembibitan, penanaman serta panen dan pasca panen
  4. Pembuatan kompos in situ
  5. Pembuatan pupuk organik
  6. Pembuatan pestisida organik
  7. Elatihan pemanfaatan pupuk hayati, dekomposer, dan mikroba berguna lainnya

Minyak Atsiri Asli Indonesia

Minyak atsiri dikenal juga sebagai minyak esensial (essential oil), minyak terbang (volatile oil), atau minyak aromatik (aromatic oil). Minyak atsiri ini adalah kelompok minyak tanaman/ nabati yang pada kondisi suhu ruang akan berwujud sebagai cairan kental. Namun minyak tersebut mudah menguap dan memberikan aroma khas dan oleh nenek moyang kita dimanfaatkan sebagai minyak gosok/ untuk pengobatan alami.

Ciri minyak atsiri adalah mudah menguap dan dapat mempengaruhi saraf manusia terutama syaraf pada organ penciuman, memberikan efek psikologis tertentu. Setiap senyawa penyusun minyak atsiri memiliki efek tersendiri, dan campurannya dapat menghasilkan aroma berbeda. Minyak hasil destilasi dikenal sebagai bibit minyak wangi.

Dewasa ini penggunaan minyak atsiri sudah lebih luas lagi yaitu tidak hanya sebagai minyak gosok atau bahan aktif parfum tetapi penggunaannya sudah semakin luas yaitu sebagai bahan aktif pestisida alami dan lebih dikenal sebagai pestisida nabati. Hal ini sejalan dengan pendapat para ahli bahwa minyak atsiri adalah hasil metabolit sekunder tanaman yang biasanya berperan sebagai alat pertahanan diri tanaman agar tidak dimakan hama. Senyawa ini juga dipergunakan sebagai cara untuk dapat bersaing dengan tumbuhan lain dalam mempertahankan ruang hidup.

PT. Smartz Safety menyediakan berbagai jenis minyak Atsiri asli Indonesia di antaranya:

  1. Minyak daun cengkeh
  2. Minyak Ylang-Ylang
  3. Minyak seraiwangi
  4. Minyak kayuputih
  5. Minyak pala
  6. Minyak Methyl Eugenol

Agriculture

by |